Jumat, 18 Maret 2011

Sekilas KUA Mranggen

Peta Kec. Mranggen
A. Letak Geografis.


Kecamatan Mranggen terletak berbatasan dengan Kota Semarang di sebelah baratnya sedangkan disebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Semarang (Ungaran). Kecamatan Mranggen memiliki luas 7.222 ha (8.05 persen dari seluruh luas wilayah Kabupaten Demak) yang terdiri dari 854 tanah sawah dan 6.368 ha tanah kering. Jumlah penduduk Kecamatan Mranggen adalah sekitar 142.627 jiwa yang terdiri dari 70.624 jiwa laki-laki dan 72.003 jiwa perempuan. Kecamatan Maranggen merupakan Kecamatan dengan jumlah penduduk terbanyak di Kabupaten Demak. 


B. Kondisi Sosiokultural


Kecamatan Mranggen berada pada ujung selatan barat Kabupaten Demak yang terdiri atas beragam etnis, pemeluk agama dengan mata pencaharian yang beragam pula. Sedang KUA Mranggen sendiri menempati area yang berada pada lingkungan pusat pendidikan. Oleh karena itu wilayah kerja KUA Mranggen memiliki penduduk musiman terbanyak yang belajar di Pesantren atau madrasah dan sekolah lanjutan yang berada di lingkungan Kecamatan Mranggen. Konsekwensi logis dari kondisi tersebut adalah terjadinya percampuran budaya di tengah-tengah masyarakat yang mungkin tidak terjadi di kecamatan lain di wilayah Kab.Demak dengan letaknya yang berbatasan dengan Kota semarang. Mau tidak mau setiap aparat pemerintahan terutama KUA harus pandai-pandai bersikap dalam melayani masyarakat dengan mengutamakan pelayanan prima.

Disektor pertanian, tanaman yang berpotensi ditanam di Kecamatan Mranggen antara lain padi, jagung, ketela pohon, kacang tanah, kacang hijau, dan kedelai. Berdasar data dari Badan Pusat Statistik tahun 2008 jumlah produksi kedelai di kecamatan Mranggen adalah sejumlah 7.692 ton kedelai (menempati urutan pertama di Kabupaten Demak). Hewan ternak yang dipelihara di Kecamatan Mranggen antara lain sapi perah, sapi, kerbau, kuda, kambing, domba, ayam ras, ayam kampung, itik, angsa, kalkun, dan puyuh.

Sektor perikanan dan kelautan di Kecamatan Mranggen tidak berkembang dengan baik, karena tidak terletak di pesisir pantai maka hasil produksi ikan di Kecamatan Mranggen hanya terdapat ikan darat seperti tawes, mujair, nila, dan lele.

Produk dan barang yang dihasilkan dari industri besar/sedang, kecil, dan rumah tangga antara lain industri es, tempe, krupuk, roti, pakaian, pengolahan kayu/mebel, genting, batu merah, kerajinan sangkar burung dan pengolahan limbah plastik. Untuk industri pengolahan limbah plastik, di Kabupaten Demak hanya terdapat di Kecamatan Mranggen.

C. Kondisi KUA Kecamatan Mranggen


Gedung KUA Kecamatan Mranggen terletak dijalan Sukaimi no 75 Kec. Mranggen (belakang Masjid Baitul Muttaqin), berada di desa Mranggen Kec. Mranggen.

Gedung KUA Mranggen dibangun diatas tanah milik  BKM Demak sebagai hak guna bangunan seluas 500 m2 dengan luas bangunan 92 m­2 dan 70 m2  terdiri dari bangunan Kantor kerja dan balai pertemuan (Balai Nikah).

Adapun rata-rata pernikahan di KUA Kec. Mranggen sangat tinggi yaitu 1300 an, terbesar nomer satu di Demak, oleh karena itu sangat perlu dibutuhkan pegawai yang cukup lagi profesinal.

Demikian sekilas tentang keadaan KUA Mranggen, adapun untuk kemajuan dan perbaikan pelayanan disampaikan kepada masyarakat untuk memberi sumbang sarannya, terimakasih .

1 komentar:

Anonim mengatakan...

berapa jumlah total pesantren di kecamatan mranggen?

Posting Komentar

 
Design by Muhammad Zainudin | Penghulu KUA Kec. Mranggen